gisPelatihanTraining

Desa Sawahan Belajar Pemanfaatan GIS

Desa Sawahan, Kecamatan Ponjong, Gunungkidul mendapatkan pelatihan Geographic Information System (GIS) oleh Perkumpulan IDEA dan SinauGIS. Bersama Desa Karangmojo, Kecamatan Karangmojo, kedua desa tersebut mendapat kesempatam berlatih pemanfaatan GIS dalam perencanaan desa, Jumat (14/7) lalu.

Sebanyak lima orang Tim Sistem Informasi Desa (SID) Desa Sawahan mengikuti pelatihan tersebut dengan penuh semangat, praktik implementasi pemanfataan GIS. Tim Sida Sawahan mendapatkan pengetahuan tentang bagaimana mengolah data spasial dan geotagging.

Selain itu, mereka juga membuat layout data berupa peta tematik. Hal ini diharapkan menjadi bahan perencanaan desa yang faktual dan akurat, dengan visualisasi yang menarik partisipasi masyarakat untuk turut andil dalam perencanaan desa.

Sekretaris Desa Sawahan, Dwiyono yang juga merupakan tim pengelola SID Sawahan mengungkaplan bahwa Pemerintah Desa Sawahan akan melaksanakan pengolahan data spasial yang akan digunakan sebagai bahan Musrembangdesa.

“Mewujudkan data spasial menjadi bahan perencanaan desa tentu tidak mudah, namun ini merupakan tantangan dari inovasi yang akan kita kembangkan,” ungkap Dwiyono.

Dwi optimistis dengan kekompakan dan sumber data yang dimiliki Perangkat Desa dan tim SID harapan tersebut dapat diwujudkan.

Sementara itu, pada Minggu (16/7) lalu, Tim SID menerapkan hasil pelatihan GIS. Tim SID bergerak turun ke lapangan untuk menerapkan ilmu tersebut.

Menggunakan peralatan smartphone TIm SID Desa Sawahan bergerak di beberapa Padukuhan. Adapuan pemetaan yang dilaksanakan yaitu pemetaan kondisi jalan yang rusak dan jamban tidak sehat.

“Sistem informasi berbasis geografis ini sangat penting bagi perencanaan desa. Sebagai sampel data, kami memilih memetakan kondisi jalan rusak dan jamban tidak sehat pada masing-masing Padukuhan,” jelas Riskianto, selaku koordinator SID Desa Sawahan.

Pentingnya sistem informasi geografis ini akan diteruskan ke semua perangkat desa, dengan harapan bisa membantu dan mendukung proses pemetaan sampel data yang sedang dilaksanakan saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *