gisTechnology

Kolom Baru Website Desa Sawahan Berbasis GIS

Setahun lebih perjalanan pengelolaan SID di Desa Sawahan telah menempatkan website Desa Sawahan menjadi websiste desa dengan pengunjung terbanyak di Kabupaten Gunungkidul. Namun demikian masih banyak hal yang harus dibenahi Tim Sida Desa Sawahan untuk meningkatkan website agar menjadi media informasi bagi masyarakat yang berkualitas.

Setelah mengikuti pelatihan GIS yang difasilitasi oleh Perkumpulan IDEA dan SinauGIS beberapa waktu yang lalu, Pemerintah Desa Sawahan segera mengimplementasikan pengetahuan yang didapatkan. Tim Sida segera ‘running’ melakukan pendataan menggunakan smartphone dengan tema jalan rusak dan data jamban.

Hasilnya diolah dengan aplikasi berbasis geografi yang menghasilkan data geo tagging dan data spasial dengan layout peta tematik. Selanjutnya data tersebut ditampilkan dan dipublish di kolom T-Maps di website desa. T-Maps merupakan kepanjangan dari Temathic Maps (Peta Tematik) yang menyajikan data-data berbasis geografi. Data tersebut diharapkan menarik partisipasi masyarakat untuk turut mengawal data desa sehingga perencanaan desa akan lebih baik.

Selain itu, data yang ada akan menjadi lebih faktual dan akurat karena sesuai dengan kondisi yang sebenarnya sehingga prioritas pembangunan dan perencanaan kebijakan diharapkan akan lebih terarah. Mari bersinergi membangun desa. Partisipasi sekecil apapun dari masyarakat tentu akan bernilai besar bagi pembangunan Desa Sawahan ini. (rizkya)

Sumber:

http://sawahan-ponjong.desa.id/index.php/first/artikel/602-Kolom-Baru-Website-Desa-Sawahan-Berbasis-GIS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *