gisPelatihanTraining

Memanfaatkan Teknologi Untuk Pembangunan Desa

Pemerintah Desa Karangmojo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul berinisiasi memanfaatkan data digital yang tersimpan dalam Sistem Informasi Desa (SID) maupun data digital yang berupa data spasial yang berbasis lokasi sebagai pendukung dalam penyusunan perencanaan pembangunan desa. Data spasial ini didapatkan dari pendataan titik koordinat dengan memanfaatkan Global Positioning System (GPS) berbasis Android, dengan mendata rumah tangga dan aset desa, yang dilakukan oleh pemerintah Desa Karangmojo bekerjasama dengan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Sarjana Tamansisawa (UST) Yogyakarta.

Pada hari Senin (24/7), sebanyak dua puluh delapan mahasiswa KKN UST dan sembilan perangkat Desa Karangmojo mengikuti pembekalan pendataan rumah tangga dan aset desa dengan memanfaatkan aplikasi GPS berbasis android, yang didampingi oleh Lembaga Pelatihan Sinau GIS Yogyakarta, dengan materi melakukan pendataan koordinat. Selain itu, mereka juga mengolah data koordinat rumah tangga dan aset desa menjadi peta tematik, yang diharapakan bisa menjadi bahan dalam menyusun rencana pembangunan desa.

Menurut Sekretaris Desa Karangmojo, Budi Haryanto menuturkan penyusunan basis data spasial ini merupakan cita-cita besar Desa Karangmojo yang nantinya akan digunakan sebagai bahan dalam menyusun perencanaan pembanguan desa. “Kebetulan ada mahasiswa KKN dari UST yang akan tinggal di Desa Karangmojo selama 40 hari, maka kami bekerjasama dengan mahasiswa KKN untuk melakukan pendataan rumah tangga dan aset yang akan dilakukan di 16 dusun”, tutur Budi. Budi menambahkan, Pemerintah Desa Karangmojo bersama dengan KKN UST sembari melakukan pendataan rumah tangga dan aset desa, juga akan menyusun peta dusun dengan menggunakan teknologi GIS (Geographic Information System) yang didampingi oleh Sinau GIS.

Andre Ferdinand, Koordinator Desa program KKN UST menyampaikan bahwa pendataan rumah tangga dan aset desa yang digagas oleh Pemerintah Desa Karangmoj itu bisa bermanfaat bagi desa sebagai basis data spasial yang bisa digunakan bagi desa untuk perencanaan pembangunan. Selain itu juga, bisa menjadikan pengalaman baru bagi teman-teman KKN UST. “Teknologi GPS berbasis android ini sangat mudah digunakan karena mempunyai fitur yang sederhana dengan manfaat yang sangat besar untuk pendataan rumah tangga di Desa Karangmojo”, tambah Andre.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *