gisPelatihanTraining

Pelatihan GIS Untuk Pemetaan Batas Dusun di Desa Sumber, Kec. Dukun, Kab. Magelang

Alhamdulillah puji syukur kehadirat Allah SWT dimana telah terlaksana dengan lancar “Pelatihan GIS Guna Penyusunan Batas Dusun dan Pembuatan Peta Tematik” di Desa Sumber, Kec. Dukun, Kab. Magelang, Provinsi Jawa Tengah pada tanggal 12 – 13 Februari 2018. Desa Sumber akan dijadikan sebagai ROLE MODEL Kabupaten Magelang dalam menyusun peta batas dusun dan peta tematik desa.

Peserta dalam pelatihan tersebut selain dari pemerintah Desa Sumber juga diikuti oleh unsur-unsur desa lain seperti Forum Anak, Karang Taruna dan Lembaga Penanggulangan Bencana Desa (LPBD), serta dari Pemkab Magelang sendiri melalui Dispermades. Pada awal acara, pembukaan disampaikan oleh Kepala Desa Sumber serta sambutan dari mas Didik Humam Zarodi dari Sinau Gis.

   

 

Sesi 1 | 12 Februari 2018 | GIS Training | Kantor Desa Sumber
Untuk sesi pertama pada pelatihan GIS ini kami memperkenalkan terlebih dahulu mengenai konsep peta dan sistem koordinat kepada peserta. Karena kedua unsur ini nantinya saling berkaitan dalam pembuatan peta tematik di tingkat desa.
Satu hal yang membuat kami senang adalah bahwa kawan-kawan di level desa sedari sekarang sudah mulai “sadar” akan pentingnya informasi geospasial ini karena bisa membantu kinerja dan program pembangunan di desa khususnya.

 

Sesi 2 | 12 Februari 2018 | GIS Training | Kantor Desa Sumber
Pada sesi berikutnya, yaitu pengenalan software QGIS, kegunaan, fungsi dan benefitnya. Software ini yang nantinya digunakan untuk mengolah data spasial, dan menjadikannya sebuah tampilan peta di desktop.
Setelah itu akan dilakukan proses instalasi software QGIS ke masing-masing laptop peserta agar nanti bisa langsung praktek. Ya dalam pelatihan ini, jika hanya diterangkan tentang konsep, pastinya akan mudah cepat hilang materi terebut, tetapi jika dibarengi dengan praktek, insya Allah akan lebih mudah dan cepat belajarnya.
Idealnya memang satu peserta satu laptop agar dapat praktek dengan maksimal.
Tapi overall, luar biasa semangat belajarnya… Mantap!

   

Sesi 3 | 12 Februari 2018 | GIS Training | Kantor Desa Sumber
Setelah mengetahui dan memahami fungsi dan benefit dari QGIS, proses instalasi selesai, langkah selanjutnya adalah melakukan proses digitasi. Pada proses ini diperlukan kesabaran dan ketelitian agar hasil digitasi batas dusun maksimal.
Tapi sebelum itu, mungkin ada dari Kepala Desa Sumber atau perangkat desa lainnya yang cross cek akan kebenaran batas-batas dusun tersebut, sehingga nanti tidak menimbulkan pro kontra ataupun saling klaim.
Metode yang dilakukan dalam pembuatan peta batas dusun ini menggunakan metode partisipatif dimana ada 1 operator yang membuat garis batas (digitasi) kemudian 1 atau beberapa orang yang paham dengan batas dusun memandu dari layar viewer garis batas masing-masing dusun. Sesi inilah yang paling seru, karena akan ono komunikasi, analisis, dan kesepakatan untuk penentuan batas dusun tersebut.

Belajar GIS itu menyenangkan

 

Sesi terakhir | 12 Februari 2018 | GIS Training | Desa Sumber
Setelah dilakukan proses partisipatif dan digitasi oleh peserta, berikut hasil dari pemetaan partisipatif batas dusun di Desa Sumber.

 

Sesi tanggal 13 Februari 2018 | GIS Training | Desa Sumber
Rekan-rekan peserta pelatihan GIS Desa Sumber sedang melakukan praktek GPS Android yang dibimbing oleh trainer. Adapun mereka diajari tentang fungsi fitur-fitur yang ada pada GPS, cara pengoperasiannya, cara membaca koordinat dari GPS, keakuratan lokasi, dsb.
Kemudian setelah balik ke kelas, peserta diajari bagaimana cara mengolah data spasial hasil dari gps tersebut untuk dijadikan tampilan dalam sebuah peta.

   

 

Demikian bentuk pelatihan GIS yang kami laksanakan bersama dengan Pemerintah Desa Sumber, Kec. Dukun, Kab. Magelang.

Terima kasih kami ucapkan kepada semua pihak akan terlaksananya pelatihan GIS di Desa Sumber dengan lancar sesuai dengan yang telah direncanakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *